close

Tips Membuat Kandang Anjing

Kamis, 17 Januari 2013


Tips Membuat Kandang Anjing - Anjing peliharaan kita tentunya membutuhkan sebuah kandang untuk tempat tinggalnya, sebaiknya kandang anjing dibuat sesuai ukuran anjing peliharaan, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Pastikan kandang yang dibuat memberikan kenyamanan bagi anjing peliharaan, bukan  membuat anjing menjadi risih yang akhirnya malah anjing peliharaan kita enggan masuk ke dalam kandang.



Secara umum kandang anjing terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

Permanen


Kandang anjing permanen di buat mengunakan pagar / teralis besi atau tembok dan biasanya di buat di pojokan halaman rumah. Untuk pembuatan kandang ini, sebaiknya  dipikirkan matang matang, sebab jika salah membuat akan sulit diperbaiki dan harus dibongkar kembali. Perhatikan lokasi, sebaiknya kandang anjing mempunyai atap untuk anjing berteduh. Selain itu sebaiknya lokasinya terpapar sinar matahari pagi agar si anjing bisa bejemur dan kandang pun menjadi lebih baik dan bisa mengurangi kelembaban. Lantai pada kandang pun sebaiknya di buat agak miring supaya bisa mengalirkan air , bak air pee, atau pun pada waktu kita membersihkan kandang hingga tidak membuat genangan air, lantai pun di buat agak kasar.

Tidak Permanen

Merupakan kandang yang banyak di jual di petshop. Umumnya terbuat dari besi ataupun alumunium. Kelebihan kandang ini lebih praktis, simpel, tetapi kekurangannya yaitu minimnya ruang gerak. Sebaiknya pilih kandang yang berbahan bagus dan kuat, sesuaikan dengan ukuran anjing, perhatikan jeruji bawah kandang, jangan sampai celahnya lebih besar dari pada telapak kaki anjing nya.

Untuk kandang anjing berbahan kayu saya sangat tidak merekomendasikannya, karena kandang kayu menyerap air, sehingga akan lembab, mengundang kutu dan penyakit2 kulit lainnya. Anjing adalah makhluk aktif, pastikan kandang yang anda buat atau beli tidak menyanderanya berinteraksi dengan kita. Sebelum membuat atau membeli kandang anjing, perlu di perhatikan beberapa kirteria di bawah ini.
  • Memeriksa lokasi kandang anjing di letakan atau di buat. Sebelum membeli apapun yang Anda butuhkan guna membuat kandang anjing, periksa terlebih dahulu tempat lokasi kandang anjing di letakan atau di buat . Pastikan sesuai dengan jenis dan ukuran anjing anda, jika anjing anda kecil bisa di letakan di dalam rumah namun jika besar atau jenis bulldog maka mesti di buat di halaman. Pastikan kandang mendapat sorotan sinar matahari untuk menghilangkan kelembaban berlebih dan bakteri atau jamur.
  • Tentukan jenis kandang yang ingin anda buat, bisa kandang permanen atau kandang tidak permanen. Saran kami untuk anjing ukuran besar sebaiknya di buatkan kandang anjing permanen sedangkan bila ukurannya kecil  bisa semi permanen
  • Buat rancangan kandang anjing terlebih dahulu, pertimbangkan jenis anjing, ukuran dan tingkat agresifitas nya.
  • Tentukan bahan pembuatan kandang anjing, apa hendak memakai jeruji besi, tembok permanen atau gabungan keduanya. Bila anjing termasuk anjing penjaga atau besar, mungkin kandang yang terbuat dari tembok permanen lebih baik. Ini untuk meredam energi anjing saat di masukan dalam kandang dan mencegah kecelakaan. Untuk anjing ukuran medium bisa menggunakan jeruji besi dan tidak permanen, sedangkan untuk ukuran anjing kecil bisa membeli kandang plastik di petshop dan bisa di letakan di dalam rumah.
  • Bila anjing kesayangan kita masih muda dan mempunyai semangat dan stamina yang tinggi, ia mungkin memerlukan ruang yang lebih luas.
  • Buat ventilasi untuk sirkulasi udara yang baik, terutama jika kita membuatnya secara permanen memakai tembok semen.
  • Semakin tinggi dan besar anjing anda maka semakin tinggi dan besar juga kandang yang mesti kita buat, usahakan pintu kandang seukuran dengan tinggi anjing.
  • Bila memungkinkan buatlah pekarangan bagi kandang anjing, batasi dengan pagar tembok atau besi atau kayu kokoh. pagar yang di buat mesti di pendam dalam tanah.
  • Pastikan tersedia tempat untuk menyimpan tempat air minum, begitu juga dengan tempat makan.
  • Buat lantai kandang anjing agak miring untuk menghindari genangan air dan mudah membersihkannya.

Merawat anjing peliharaan persis seperti mengurus anak. Kita belajar tentang kebutuhan dan mencoba untuk memberi mereka yang terbaik dari kemampuan Anda. Dengan cara ini, kita bisa memelihara hewan kesayangan kita dengan senang, gembira dan bisa berinteraksi bersama. Pastikan supaya anjing kita tetap sehat dan nyaman dalam kandangnya, maka kandang anjing harus di bersihkan secara rutin dan menyeluruh.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Hewanpedia .Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Reptil

More on this category »

Unggas

More on this category »

Mamalia

More on this category »

Serangga

More on this category »
 
Copyright © 2011. Hewanpedia - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19