close

Tips Merawat Burung Murai Batu Saat Rontok Bulu

Jumat, 03 Mei 2013



Merawat Burung Murai Batu Saat Rontok Bulu- Siklus mabung atau lebih di kenal dengan siklus rontok bulu merupakan siklus alamiah yang selalu terjadi pada setiap burung. jika terjadi dalam burung murai batu berarti anda harus mengetahui cara perawatannya.

pada masa ini burung murai batu akan memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi sekitar 40% lebih. dan dalam hal ini maka asupan gizi yang di butuhkan burung murai batu haruslah berkualitas. hindari lah makan-makan yang tidak mempunyai nilai gizi yang baik jika burung murai batu dalam kondisi ini.

Pada saat ini juga hindari pertemuan antara burung satu dengan yang lain baik sejenis maupun tidak sejenis. hal ini di sebabkan jika terjadi pertemuan maka akan mempengaruhi hormon pada burung. hormon ini pula lah yang akan mempengaruhi reproduksi burung. jadi sebisa mungkin hindari pertemuan antara burung. pastikan hanya ada satu burung di kandang dan jangan dekatkan burung murai batu yang sedang mengalami siklus mabung ini dengan burung lain.

Dibawah ini cara merawat burung murai batu Masa Mabung :

  • Taruh sangkar atau tempat burung murai batu di tempat yang sepi dan tidak di tempat keramaian. pastikan sangkar di tempat sendirian dan jika bisa gunakan kerudung untuk mengkerudungi sangkar burung murai batu.
  • Berikan EF lebih banyak dari porsi biasa sebab sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan juga untuk pertumbuhan bulu baru. Contoh porsi EF : Setelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi, Cacing 2 ekor 3x seminggu dan Ulat Hongkong 3 ekor tiap pagi.
  • Berikan Vitamin burung dan mineral burung kepada burung murai batu yang berkualitas seminggu 2 kali agar asupan burung tercukupi.
  • Sering-sering melakukan pemansteran terhadap burung murai batu dengan cara mengajak bicara burung murai batu dengan suara-suara burung. hal ini di sebabkan karena burung murai batu lebih banyak diam dalam siklus ini.
  • Untuk memandikan burung murai batu yang sedang mengakami siklus rontok bulu cukup 1x dalam seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari. jangan terlalu lama agar burung murai batu tidak stres.
  • Jangan sering menyentuh burung murai batu dan memindah sangkar burung murai batu. hal ini di karena kan burung murai batu butuh ketenangan dalam siklus mabung.
  • Tunggu sampai burung murai batu selesai mengalami siklus ini agar sudah tidak 
Berikut Tips Merawat Burung Murai Batu Saat Rontok Bulu . Semoga bermanfaat untuk pengunjung hewanpedia dalam hobby anda merawat burung murai batu. 
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

8 komentar:

  1. mas numpang tanya, kaloburung murai medan yang lagi ganti bulu sering di dengarkan suara burung murai medan lainya dampak negatif dan positifnya apa aja mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. positif kawan. asalkan jangan banyak di sentuh. dalam siklus ini setiap burung hampir memiliki cirikhas yang sama.

      Hapus
  2. Recomended
    Baiknya fokus 1 suara bos ( misalkan cililin )
    Smpai selesai masa mabung
    Dilanjutkan master suara yg kasar ( cucak jenggot,K apas tembak )
    Sedangkan jika didengarkan suara murai batu lain pd masa mabung,dikhawatirkan semangat tempurnya membara,power ga A̶̲̥̅̊ϑα̲̅ ( ngempos )
    Jika setelah mabung seminggu 1X sah2 saja ( asalkan suara murai yg benar2 bagus. Yg banyak mengeluarkan tembakan2
    searcing aj di youtube )

    BalasHapus
  3. Misi para kicau mania,kalo muraiku Black tail bulu piyik masih ada dikit kta penjualny umur 7/8blan,ktany jg mau mabung skitar 3/4blan lgi??tpi murai baru dirumah 4hri pda rontok ekornya.Apkah masa mabung/tidak.tpi tiap pagi rajin bunyi suara Alam saja

    BalasHapus
  4. Misi para kicau mania,kalo muraiku Black tail bulu piyik masih ada dikit kta penjualny umur 7/8blan,ktany jg mau mabung skitar 3/4blan lgi??tpi murai baru dirumah 4hri pda rontok ekornya.Apkah masa mabung/tidak.tpi tiap pagi rajin bunyi suara Alam saja

    BalasHapus
  5. MB saya full kerodong om smpai sekarang oleh msh mabung om,takut nya klo di bukakan mlh tergangu rontok nya,apa ngak pp ya om di tutup terus biar MB sy bs tenang,trus kotoran nya bagus nya membersihin berapa hari sekali ya om

    BalasHapus
  6. kerodong terus om kalau punya ane
    takutnya nanti malah ga gacor kalau udah ga mabung. btw thank om infonya :-)
    kunjungi > blog burung

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Hewanpedia .Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Reptil

More on this category »

Unggas

More on this category »

Mamalia

More on this category »

Serangga

More on this category »
 
Copyright © 2011. Hewanpedia - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19