close

5 Hewan yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Selasa, 25 Juni 2013


Hewan yang Bermanfaat Buat Kesehatan - Hewan kerap kali dipandang sebelah mata oleh manusia, karena hewan adalah makhluk tuhan yang diciptakan dengan daya intelektual yang rendah dibandingkan manusia. Namun, perlu kita ketahui bahwa hewan menyimpan sejuta rahasia dibalik kekurangannya. Salah satu rahasianya adalah hewan dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dari banyak hewan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya adalah sebagai berikut :


Cacing Tanah


Memang bagi banyak orang, cacing tanah adalah hewan yang menjijikkan. Namun, di balik tubuhnya yang panjang dan berlendir itu banyak menyimpan manfaat. Cacing tanah umunya digunakan sebagai umpan untuk memancing.

Cacing tanah mengandung enzim yang dapat menghancurkan lemak jahat di pembuluh darah,  sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Cacing tanah yang sering digunakan untuk pengobatan pasien dengan hipertensi dan stroke.

Semut Obat



Biasanya mereka mengambil alih sarang semut Camponotus dan menjadikan semut pekerjanya sebagai budak. Ratu semut obat juga ikut menyerang sarang semut Camponotus dan mengusir ratunya.

Tapi di Cina dan Taiwan, semut ini digunakan sebagai bahan obat tradisional selama ribuan tahun. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak semut obat memiliki analgesik atau penghilang rasa sakit dan zat anti inflamasi.

Tungau Beludru Merah


Tungau yang bernama red velvet mite ini memiliki bentuk gemuk dan berbulu, mirip bantalan kursi dengan warna merah yang menarik. Walau berkembang sebagai predator, larvanya berkembang sebagai parasit pada serangga lain.

Ekstrak serangga ini digunakan dalam pengobatan tradisional di China untuk mengatasi infertilitas pria dan kelumpuhan. Studi ilmiah menunjukkan bahwa berbagai bagian dari serangga ini memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri.

Tawon Braconidae


Salah satu keluarga tawon parasitoid, Ichneumonidae, memiliki kemiripan bentuk dengan ichneumon. Dalam bahasa Yunani, ichneumon berarti pelacak. Tapi julukan ini lebih sesuai untuk tawon dari keluarga lain yang disebut Braconidae.

Tawon Braconidae bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi bau yang samar, seperti bau bahan peledak atau obat-obatan berbahaya. Bahkan, mereka lebih mudah dilatih daripada anjing pelacak. Uniknya, tawon ini tidak menyengat manusia.

Ulat Bambu atau Bumbung


Di alam liar, ulat ini adalah parasit yang tinggal di koloni lebah. Mereka membuat terowongan di dalam sarang, memakan lilin lebah, serbuk sari, madu, dan kotoran lebah. Ketika membuat terowongan, mereka meninggalkan jejak seperti sutra.

Ulat bambu merupakan salah satu serangga yang paling populer di Thailand yang dimakan dan dinikmati oleh orang dari seluruh bangsa. Rasa dan teksturnya mirip dengan makanan ringan dari jagung, namun ulat  bambu lebih tinggi protein.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

1 komentar:

  1. Bagus gan infonya buat nambah pengetahuan. thanks

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Hewanpedia .Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Reptil

More on this category »

Unggas

More on this category »

Mamalia

More on this category »

Serangga

More on this category »
 
Copyright © 2011. Hewanpedia - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19